Karena Sebagian Harta Kita Adalah Milik Mereka

  Assalamu’alaikum Wr.Wb

     Tahun baru Islam, 1 Muharram 1438H bertepatan dengan Kamis, 21 September 2017, menjadi salah satu hari bahagia bagi segenap Mahasiswa Bahasa dan Sastra Arab. Pasalnya, hari pertama dalam Tahun 1438H ini digunakan mereka untuk saling berbagi dengan anak-anak yang kurang beruntung di 2 panti asuhan yang berada di kota Palembang. Sekitar 25 orang mahasiswa BSA dari berbagai angkatan berkumpul pagi itu di Laboratorium Jurusan BSA Fakultas Adab dan Humaniora, UIN Raden Fatah Palembang. Dimana dari 25 orang tersebut di ambil 12 orang untuk membentuk beberapa tim guna melakukan penggalangan dana di lampu merah simpang 4 gedung DPRD Palembang. Sedang 6 orang di gerakkan untuk mencari panti asuhan yang kiranya membutuhkan uluran dana. Dan sisanya mengkoordinir kondisi di Laboratorium Jurusan BSA.

     12 yang terbagi dalam 4 tim penggalangan dana ini membawa hasil ± Rp.2.000.000, yang pada akhirnya setengah dari hasil penggalangan dana tersebut digunakan untuk membeli sembako yang akan diserahkan ke 2 panti asuhan tersebut. Sedangkan sisanya di berikan tunai guna memenuhi kebutuhan yang tak dapat di beli oleh mereka. Sedang 6 orang yang bertugas mencari panti asuhan yang memang layak mendapatkan bantuan melanglang buana bak bocah petualang. Menyusuri jalan demi jalan, panas matahari yang membakar kulit pun tak mampu mematahkan semangat mereka demi menemukan tempat yang layak untuk berbagi. Setelah mendatangi beberapa panti asuhan, di tetapkanlah dua panti asuhan yang akan dikunjungi. Yakni, Panti Asuhan Restu Bunda yang bertempat di Jalan Swadaya dan Panti Asuhan Mutiara Kasih yang bertempat di Jalan Sukabangun II.

     Selagi team penggalang dana dan team bolang melanglang buana, beberapa mahasiswa yang tinggal di kampus di sibukkan dengan mengkoordinir bantuan berupa pakaian bekas yang layak pakai. Mereka memilah dan memisahkan antara pakaian yang layak dan tidak. Antara pakaian laki-laki dan perempuan. Antara pakaian dewasa dan pakaian anak.

     Setelah melanglang buana melakukan perjalanan panjang, team bolang kembali berkumpul dengan team koordinator pukul 11:30. Disusul team penggalangan dana pada  pukul 12:00. Sejenak beristirahat, sholat zuhur berjama’ah dan makan siang bersama, dilanjutkan pada pukul 13.30, 2 orang dari team penggalangan dana dan 2 orang dari team bolang kembali melanjutkan trip mereka, menjelajah ke berbagai pasar guna membeli berbagai kebutuhan yang hendak disalurkan ke 2 panti asuhan yang telah di survei sebelumnya oleh team bolang.

     4 orang yang bertugas menjelajah pasar kembali menginjakkan kaki di laboratorium jurusan Bahasa dan Sastra Arab pada pukul 16:30 dengan membawa barang-barang kebutuhan yang telah dibeli. Sembari menunggu 4 orang tersebut mengistirahatkan tubuh sejenak. Mahasiswa yang sedari tadi menunggu kepulangan mereka mulai membagi barang-barang yang mereka beli untuk disalurkan ke panti asuhan. Sebelum maghrib, seluruh mahasiswa yang berpartisipasi pada hari ini memecah menjadi 2 kelompok yang mana tiap kelompok bertugas untuk mengunjungi panti yang telah di tetapkan.

     Adapun barang-barang yang mampu kami salurkan kepada mereka yang membutuhkan adalah sebagai berikut :

  1. 4 buah Kasur Lipat
  2. 20kg Beras
  3. 1 lusin Sarden
  4. 1 lusin SKM
  5. 1 lusin Teh
  6. 2kg Minyak Goreng Fortune
  7. 1 lusin Odol Pepsodent
  8. 4 dus baju layak pakai

     Oleh karena itu, kami Keluarga Besar Bahasa dan Sastra Arab menyampaikan terimakasih yang sebesar-besarnya kepada Bapak/Ibu, ikhwan/akhwat yang dengan ikhlas memberikan sedikit rezekinya kepada saudara-saudara kita yang membutuhkan. Semoga apa yang bapak/ibu, ikhwan/akhwat titipkan kepada kami untuk disampaikan kepada saudara-saudara kita menjadi berkah dan semoga di gantikan dengan yang lebih baik lagi.Aamiin yaa rabbal ‘Aalamiin.

     Wassalamualaikum Wr.Wb

Tags: No tags

Leave a Comment