PKM ke Kota Pagaralam

Program studi bahasa dan sastra Arab sebagai ujung tombak dari satuan pendidikan di Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang juga aktif melakukan kegiatan Pengabdian Masyarakat. Sesuai dengan Road Map Pengabdian Masyarakat Prodi BSA, kali ini dosen dan mahasiswa membidik potensi pariwisata di Kota Pagaralama Sumatera Selatan sebagai objek utama.

Kota Pagaralam sudah menjadi primadona Pariwisata Sumatera Selatan sejak dahulu kala. Keberadaan gunung dempo dengan perkebunan tehnya telah exis sejak penjajahan belanda (dibangun sejak 2 Mei 1929 oleh sebuah perusahaan Belanda, NV Lanbouw Maata Chapij). Hamparan kebun teh yang luas dengan latar belakang gunung dempo serta hawa sejuk di kawasan ini telah menjadi perhatian utama masyarakat Sumatera Selatan dan sekitarnya. Saat ini pembangunan ekonomi kreatif (pariwisata dan turunannya) perlahan mengambil porsi yang besar di samping pertanian sebagai andalan utama. Berbagai titik pariwisata baru bermunculan, baik yang natural maupun yang millenial. Diversifikasi ekonomi kini berjalan baik di kota Pagaralam.

Pembangunan kota Pagaralam dalam berbagai segi ditopang pula oleh kebijakan proaktif pemerintah kota dan pemerintah provinsi. Sebuah lapangan terbang madya bernama Bandara Atung Bungsu telah berdiri sejak 28 Februari 2013. Bandara ini dipersiapkan untuk menyambut insan pariwisata nasional maupun internasional, bahkan juga investor yang berminat untuk menanamkan sahamnya terutama di bidang pertanian dan pariwisata.

Dengan fasilitas yang telah terbangun sempurna, Prodi Bahasa dan Sastra Arab ingin berkontribusi bagi pariwisata Pagaralam dengan cara menginternasonalisasikan potensi wisata ke 27 negara-negara yang menggunakan bahasa ARab sebagai bahasa utama. Promosi ini bisa mengambil media sosial sebagai perantaranya. Media sosial seperti Youtube merupakan media gratis dan digandrungi pelaku wisata karena aksesnya yang mudah dan murah.

Untuk tujuan di atas, dosen dan mahasiwa Prodi Bahasa dan Sastra Arab akan melakukan pendampingan kepada masyarakat di kota Pagaralam. Sebuah Yayasan yang menaungi Pesantren al-Azhar menjadi tempat yang cocok untuk mendiseminasikan ide ini. para guru dan siswa Bahasa Arab akan dibimbing menentukan objek, menyusun naskah berbahasa Arab, membuat video, mengedit video, dan menguploadnya ke saluran Youtube. Cara ini diyakini dapat menstimulasi pengembangan promosi serupa sehingga lambat laun seluruh potensi pariwisata di Kota Pagaralam semuaya telah ditranskripsi ke dalam video (Youtube). Harapan akhirnya, potensi pariwisata kota Pagaralam bisa terkenal di negara-negara Arab dan bisa mengundang kedatangan turis internasional. Efeknya di kemudian hari, tentu ekonomi kreatif masyarakat kota Pagaralam akan semakin bertumbuh dan berkembang.

Tags: No tags

Leave a Comment