Workshop Penggunaan Mendeley reference tool dalam penulisan karya tulis ilmiah

Salam Fahum Hebat, Dalam rangka mewujudkan kader yang berkompeten didalam bidang karya tulis ilmiah maka Komunitas Pecinta Sejarah (PESE) UIN Raden Fatah Palembang menyelenggarakan Webinar dengan Tema “Penggunaan Mendeley Reference Tool dalam Penulisan Karya Tulis Ilmiah”. Kegiatan ini juga terbuka untuk umum dan tidak dipungut biaya. Sehingga para mahasiswa lain bisa bergabung dan dapat menambah wawasan (15/10)

Webinar ini diselenggarakan dengan menggunakan media Aplikasi zoom dengan mendatangkan Narasumber yang juga pakar Mendeley dari UIN Raden Fatah Palembang: Bapak Budhi Santoso, M.A yang merupakan dosen Ilmu Perpustakaan. (15/10)

Kegiatan Webinar ini telah disambut baik oleh berbagai stakeholder dan juga kalangan akademisi dan mahasiswa. Para mahasiswa dan akademisi sangat antusiasme dalam mengikutinya terbukti 74 Mahasiswa dan Akademisi yang berasal dari UIN Raden Fatah, UNSRI, IAIN Jember dan UGM ikut meramaikan kegiatan ini. (15/10)

Kegiatan ini berlangsung selama dua jam dengan pemaparan materi dari Bapak Budhi Santoso dan di akhiri games menarik lalu ditutup dengan Closing Statement dari Bapak Otoman S.S.,M.Hum selaku Kepala Prodi Sejarah Peradaban Islam. (15/10)

Kegiatan ini merupakan ikhtiar Komunitas Pecinta Sejarah (PESE) mewujudkan Kader agar paham dan tahu tentang karya tulis ilmiah, dan menjauhi praktek-praktek Plagiarisme yang dapat merugikan berbagai pihak salah satunya penulis itu sendiri. Mendeley sendiri merupakan sebuah program komputer, web atau aplikasi yang dapat mengurangi resiko plagiarisme di kalangan mahasiswa. Harapan kami mahasiswa lebih inovatif dalam mengembangkan tulisannya dengan menggunakan prasa-prasa dan melakukan sitasi dalam menulis sehingga praktek plagiarisme bisa terhindar ujar Suryo Arief Wibowo Ketua Komunitas Pecinta Sejarah (PESE) UIN Raden Fatah Palembang.

Senada dengan hal ini Pihak prodi SPI menyambut baik atas upaya Komunitas Pecinta Sejarah (PESE) FAHUM UIN Raden Fatah Palembang yang secara aktif dan produktif mengadakan forum-forum ilmiah dalam rangka meningkatkan potensi dalam bidang akademik, khususnya pelaksanaan seminar dan webinar ilmiah, dalam skala lokal maupun nasional. Yang terbaru ini adalah melaksanakan webinar Tentang pemanfaatan mendeley dalam pembuatan karya ilmiah, yang menghadirkan narasumber yang ahli dalam bidangnya; bapak Budhi Santoso, MA. Ini adalah salah satu terobosan Komunitas PESE yang sangat kontekstual di era 4.0 ini. Semoga kegiatan-kegiatan yang sangat prestatif dan aplikatif seperti ini dapat dilaksanakan lagi di kemudian hari. Selamat dan sukses buat PESE dan masa Peradaban Islam yang saintifik ujar Otoman, S.S., M.Hum Selaku Kepala Prodi SPI

Tags: No tags

Leave a Comment