Komunitas PESE bersama Mahasiswa SPI Fahum hadiri seminar sejarah perjuangan bangsa dengan tema “upaya mempertahankan kedaulatan Sumatera Selatan dari masa ke masa”

Salam Fahum Hebat, Komunitas PESE bersama Mahasiswa SPI Fahum hadiri seminar sejarah perjuangan bangsa dengan tema “upaya mempertahankan kedaulatan Sumatera Selatan dari masa ke masa” bertempat di Aula Museum Taman Purbakala Kerajaan Sriwijaya (TPKS) Selasa,27/10/2020.

Dalam Pembukaannya bapak Khairul Sahri, SH selaku penata I TPKS Beliau menyampaikan “Terimakasih kepada para tamu undangan yang telah berkenan hadir di acara ini. Seminar ini diadakan karena adanya Kegiatan dana Dahg (dana khusus) dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan mengingat kondisi kita masih pada Pandemi Covid-19 . Dan juga seminar ini kami batasi untuk peserta supaya dapat memenuhi aturan sesuai protokol kesehatan.”

Mengingat pentingnya Sejarah hingga membuat ketertarikan sendiri bagi mahasiswa SPI Fahum UIN RF ingin mengikuti kegiatan seminar ini Karena terkait pembahasannya.

Menurut naffa rachmadini selaku mahasiswa Fahum UIN RF menyampaikan “bahwa dengan mengikuti seminar ini tentunya kami sebagai mahasiswa Sejarah Peradaban Islam dapat menambah ilmu terkhusus tentang kedaulatan Sriwijaya yang terkhusus nya pada masa kerajaan dan kesultanan Palembang.”

“Dan dalam seminar ini tidak hanya membahas perihal kedaulatan saja tetapi disini di bahas mulai dari jalur-jalur nya hingga penjelasan terhadap peta tentang wilayah Sriwijaya.” Sambungnya.

Dalam sejarah juga di singgung bahwa Masyarakat Sumsel berasal dari tiga gunung yaitu, semingu (kumoring) ,Dempo (basemah),kaba (masyarakat sekitar Musi).

Rahmat syahputra sebagai mahasiswa SPI Fahum menyampaikan “sebagai generasi di masa kini tentunya seminar ini sangat perlu di bahas karena dapat memberikan kami ilmu-ilmu baru yang tidak kami dapat di tempat lain. Dan juga belajar sejarah seperti ini sangatlah penting supaya dapat menjadikan tolak ukur kita untuk di masa yang akan datang.”

Tags: No tags

Comments are closed.