Fakultas Adab dan Humaniora UINRF Palembang Yudisium 65 Mahasiswa

[:id]

HUMAS-FAHUM,– Bertempat di gedung Convention Grand Atyasa Fakultas Adab dan Humaniora (FAHUM) Universitas Islam Negeri Raden Fatah (UINRF) Palembang menggelar yudisium ke XII terhadap 65 Mahasiswa/i nya, Prosesi dihadiri oleh Wakil Rektor II, Dr. Zainal Berlian, SH., MM., DBA, Dekan FAHUM, Dr. Nor Huda, M.Ag., M.A., serta Pimpinan Fakultas dan seluruh civitas akademika FAHUM serta tamu undangan lainnya, Selasa (25/09/18).

Dalam sambutan Perbukaan Yudisium ke XII, Dekan FAHUM, Dr. Nor Huda, M.Ag., M.A., menyampaikan bahwa para alumni akan menjadi benteng dan menjaga peninggalan sejarah dan budaya di lingkungan kita berada. Disamping menjadi intelektual muslim yang handal.

“sebagai mahasiswa yang baru di yudisium kalian akan diuji dan teruji dalam kehidupan di masyarakat, terutama setelah menyandang gelar sarjana,” ujar Nor Huda.
Masih menurut Dekan, Fakultas Adab dan Humaniora Dr Norhuda M.Ag, MA bertekad untuk menjadi pusat kajian budaya di UIN Raden Fatah Palembang. Beberapa langkah sudah dilakukan diantaranya melengkapi fasilitas seni seperti alat musik, hadroh dan lainnya. Tak hanya itu, tugas akhir mahasiswa juga akan diarahkan berorientasi pada menulis novel dan cerpen. Hal ini dilakukan agar penulisan skripsi tersebut bisa menghasilkan produk.

“Kita akan mencari polanya dulu, sehingga output yang dihasilkan bisa menciptakan karya ilmiah berbasis produk salah satunya format skripsi seperti menulis novel atau cerpen. Kita usulkan dulu, modelnya disesuaikan dengan kurikulum yang didesain untuk tugas akhir,” jelasnya. Lebih jauh dia menjelaskan, konsentrasi budaya dan sastra menjadi penting untuk keseimbangan pembangunan. Terlebih, budaya juga bisa menjadi identitas bangsa sehingga tantangan bagi para alumni untuk memperkuat karakter bangsa dengan budaya dan sastra.

“Saat ini sudah terjadi reduksi di kalangan anak muda. Mereka tidak peduli lagi dengan budaya sehingga berimbas pada nasionalisme yang berkurang. Untuk itulah butuh peran alumni untuk memperkuat karakter bangsa,” tegasnya.
Dalam Kesempatan terpisah, Wakil Dekan 1 Dr. Endang Rochmiatun, M.Hum menambahkan, minat calon mahasiswa mengalami peningkatan yang cukup signifikan terutama Prodi Ilmu Perpustakaan. Tingginya peminatan ini dilatarbelakangi adanya respon pemerintah yang mengakomodir kompetensi keilmuan yang ada di fakultas tersebut.
“Seperti Prodi Bahasa Arab dan Sastra Arab sekarang bisa menjadi guru terutama di madrasah di bawah naungan Kementerian Agama. Peluang ini yang menambah daya tarik untuk masuk di Fakultas Adab,” jelasnya.

Berikut ini Data yang dibacakan oleh Kasubbag Akademik dan Kemahasiswaan, Dadang, M.Pd.I. bahwa peserta Yudisium XII Fakultas Adab dan Humaniora UIN Raden Fatah Palembang diikuti 65 mahasiswa. Rinciannya, Strata dua (Pasacarjana) Prodi Sejarah Peradaban Islam 1 orang, dan 64 mahasiswa Starata satu (S1) yaitu: Prodi Bahasa dan Sastra Arab sebanyak 7 orang, Prodi Sejarah Peradaban Islam sebanyak 20 Orang, Prodi Ilmu Perpustakaan sebanyak 30 Orang, dan Prodi Politik Islam sebanyak 7 orang. Yudusium itu pun dihadiri langsung Wakil Rektor II UIN Raden Fatah Palembang, Dr. Zainal Berlian, SH., MM., DBA,

Adapun Sarjana Berprestasi pada kegiatan Yudisium ke XII yakni Terbaik Tingkat Prodi Bahasa dan Sastra Arab yaitu Muhammad Amin dengan IPK 3,37, Prodi Sejarah dan Peradaban Islam yaitu Ana Laila dengan IPK 3, 42, untuk Prodi Ilmu Perpustakaan yaitu Septa dengan IPK 3,69, sedangkan Sarjana berprestasi Prodi Politik Islam yaitu Ria Permata Sari dengan IPK 3,50.
Sedangkan untuk Sarjana Berprestasi tingkat fakultas diraih oleh Nurmala Sari dengan IPK 3.76, judul skripsi “Evaluasi Pendidikan Pemakai Perpustakaan di UPT Perpustakaan UIN Raden Fatah Palembang. (ARI/RIS/KB)

Galery Foto

[:]
Tags: No tags

Comments are closed.