Fakultas Adab dan Humaniora UIN Raden Fatah Palembang Gelar Seminar Internasional

Palembang, JPSFAHUM.,- Sebelum masa kuliah aktif Fakultas Adab dan Humaniora UIN Raden Fatah Palembang menyelenggarakan seminar internasional dengan tema Indonesia-Iran Relations and Diplomacy: Geopolitics, Repositioning and the Future Cooperation yang diadakan di Gedung Academic Center UIN Raden Fatah Palembang, Selasa (20/02/2018).

Seminar ini dihadiri oleh Prof. Muhammad Sirozi, MA. Ph,D. (Rektor UIN Radwn Fatah Palembang), Dr. Nor Huda, M.Ag, MA. (Dekan Fakultas Adab dan Humaniora), Mr. Octaviano Alimudin (Duta Besar RI di Iran), Mr. Valiollah Muhammadi (Duta Besar Iran di Indonesia), Mr. Mahdi Abulghasemi (Ahli budaya Islam di Iran), Dr. Ade Karyana (Staf ahli gubernur Sumsel) mewakili gubernur, para pimpinan UIN Raden Fatah serta Mahasiswa UIN Radwn Fatah Palembang.

Sebelum acara seminar dimulai pihak UIN Raden Fatah dan Iran menandatangani hubungan kerjasama antara antar kedua negara. Sambutan pertama dalam acara ini Mr. Mahdi Abulghasemi menyampaikan sejarah hubungan antara Indonesia-Iran. Sambutan kedua oleh Dr. Nor Huda, M.Ag, M.A. dalam sambutannya menyampaikan “tujuan diadakannya seminar ini sebagai bentuk upaya hubungan kerjasama antara Indonesia-Iran yang terjalin sudah begitu lama. Banyaknya kebudayaan Iran yang ada di Indonesia dan dari segi politik dapat dipahami dan terus terjalim agar terjadi hubungan yang harmonis antara kedua negara”. Sambutan ketiga oleh Dr. Ade Karyana yang mewakili gubernur Sumsel, sambutan terakhir oleh Prof. Muhammad Sirozi, MA. Ph,D. (Rektor UIN Raden Fatah Palembang), dan sekaligus pembukaan seminar.

Dalam seminar ini membahas mengenai Hubungan Bilateral Indonesia-Iran, dimana kedua negara sepakat untuk kerjasama mengenai minyak dan gas bumi. Kerja sama ini diyakini akan memberikan keuntungan bagi Indonesia dimana pemerintah dapat melakukan efisiensi harga untuk pembelian LPG dari Iran. Pemerintah Iran sendiri juga memiliki komitmen untuk berinvestasi di Indonesia. Dalam pembahasan ini para peserta seminar di perbolehkan untuk bertanya kepada narasumber.

Diakhir acara Prof. Muhammad Sirozi, MA. Ph,D. (Rektor UIN Raden Fatah Palembang) menyerahkan cinderamata dan piagam penghargaan kepada Mr. Valiollah Muhammadi (Duta Besar Iran di Indonesia) dan Mr. Octaviano Alimudin (Duta Besar RI di Iran), serta Dr. Nor Huda, M.Ag, MA. (Dekan Fakultas Adab dan Humaniora) menyerahkan cinderamata dan piagam kepada Mr. Mahdi Abulghasemi (Ahli budaya Islam di Iran). (LM/Ari)

Tags: No tags

Comments are closed.