Prodi Ilmu Perpustakaan Gelar Pengabdian Masyarakat di Perpustakaan Desa Marga Sakti

Salam Fahum Hebat, Prodi Ilmu Perpustakaan dan mahasiswa angkatan 2017 mengadakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat dengan mengusung tema “Membina Mitra Binaan Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial”  Kegiatan pengabdian ini berlangsung sejak tanggal 26-28 Februari 2021 tepatnya di desa Marga sakti kecamatan muara kelingi kabupaten musi rawas. Dalam kegiatan tersebut kedatangan rombongan dosen dan mahasiswa sangat  di sambut antuasias oleh kepala desa dan kepala perpustakaan sumber ilmu desa marga sakti.

Lokasi pengabdian yang dipilih kali ini adalah di Desa Marga Sakti khususnya di Perpustakaan Sumber Ilmu, Perpustakaan sumber ilmu berdiri pada tahun 2017, saat ini perpustakaan Sumber Ilmu merupakan perpustakaan desa yang memiliki layanan berbasis inklusi sosial yaitu dengan tujuan mengikutsertakan atau memberdayakan masyarakat untuk dapat mengambil pemanfaatan dari perpustakaan tersebut sehingga ilmu yang di dapatkan dari perpustakaan dapat dimanfaatkan atau diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Kemudian pada 2019 program ini mendapatkan prestasi juara 2 klaster B perpustakaan umum terbaik desa  tingkat nasional, tutur Bapak Paino, S.pd selaku ketua perpustakaan sumber ilmu desa marga sakti. Oleh karena itu, tim PKM Prodi Ilmu Perpustakaan tertarik untuk mengembangkan potensi desa Marga Sakti terkait pemberdayaan masyarakat disana.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Pelaksanaan pengabdian kepada masyarakat di Perpustakaan Desa Marga Saktu  kali ini berlangsung daam beberapa sesi kegiatan  di antaranya yaitu penyusunan lay out perpustakaan,  story telling, kesenian (tari dan drama), serta pembelajaran pembuatan keripik pare dan bandeng presto, kegiatan PKM kali ini diikuti oleh pengurus perpustakaan Desa Marga Sakti dan masyarakat sekitar. Bapak Paino dalam sambutanya menyambut baik kegiatan PKM yang dilaksanakan oleh Prodi Ilmu Perpustakaan semoga kedepannya dapat bersinergi sehingga dapat memajukan Perpustakaan Marga Sakti. Dalam sambutannya Bapak Yanto, M.Hum selaku Ketua Prodi Ilmu Perpustakaan “saya juga sangat setuju dengan adanya kegiatan ini, kegiatan ini memberikan berbagai dampak yang sangat bagus, baik untuk masyarakat maupun mahasiswa, yang dimana mahasiswa dapat terjun ke masyarakat dalam mengimplementasikan teori yang di dapat didalam kelas, yang salah satunya seperti mata kuliah story telling literasi dan juga bentuk komunikasi”

Kegiatan PKM ini sukses berjalan atas bantuan dari Fakultas Adab dan Humaniora serta  tim dosen yang turut menyukseskan diantaranya Misroni, M.Hum (sekprodi), Dalilan, M.Hum, Dr. Mulyadi, M.Hum, dan Wahidi, M.Hum serta mahasiswa angkatan 2017. Di akhir kegiatan, tim PKM ini, memberikan kenang-kenangan kepada Bapak Paino kenang-kenangan sebagai ungkapan terima kasih telah menyediakan tempat, waktu, dan pengalaman beliau sebagai kepala Perpustakaan.

 

Tags: No tags

Comments are closed.