Prodi SPI UIN Raden Fatah Palembang ikut partisipasi Seminar Hasil Kajian Koleksi

FAHUM UINRF,- Program Studi Sejarah Peradaban Islam, Fakultas Adab dan Humnaiora, Universitas Islam Negeri Raden Fatah (SPI-FAHUM-UIN Rafah) Palembang ikut partisipasi dalam Kajian dan Seminar Hasil Kajian Koleksi di Museum Negeri Sumatera Selatan (dulu bernama Museum Bala Putra Dewa) Palembang. (Selasa, 29/9/20).

Menurut Ketua Penyelenggara Kajian dan Seminar, Syamsuddin, SS. bahwa kegiatan hari adalah seminar kelima yang dilakukan oleh Museum dan terakhir akan diselenggarakan pada tanggal 6 oktober 2020, semoga kerjasama ini terus berlanjut apalagi sudah diikat dengan penandatangan kerjasama antara FAHUM UIN Rafah dan Museum Negeri Sumatera Selatan.

“Museum Negeri Sumatera Selatan dlam gahun ini melakukan 6 buah kajian dan seminar yang dikuti oleh dosen, mahasiswa dan komunitas-komunitas, satu diantara adalah keterlibatan Fakultas Adab dan Humaniora yang terus aktif berkontribusi mengirimkan Dosen, dan Mahasiswanya sebagai Narasumber, maupun peserta seminar, bahkan dalam pantauan panpel juga aktif ikut di webinar melalui aplikasi zoom”. Ujar Pak syam.

Dalam kesempatan kali ini 2 dosen dan 10 Mahasiswa FAHUM Sejarah Peradaban Islam UIN RF Palembang Hadiri Seminar Hasil Kajian Koleksi “Teknologi Tradisional Pengolahan Hasil Bumi Sumatera Selatan” Di Auditorium Museum Negeri Sumatera Selatan yang dilaksanakan pada Selasa, 29 September 2020.

Kegiatan Seminar di buka oleh H. Chandra Amprayadi, SH. Kepala UPTD Museum Negeri Sumatera Selatan dalam pembukaan ia Menyampaikan “Semoga Minimnya pengetahuan anak-anak masa kini Terhadap alat-alat tradisional yang ada di Sumatera Selatan akan terkikis dengan adanya seminar hasil kajian pada hari ini, oleh karena itu perlu untuk kita ikut menyalurkan pengetahuan yang sudah kita miliki kepada mereka.

Terlihat Antusiasnya Mahasiswa FAHUM SPI UIN Rafah mengikuti kegiatan seminar ini supaya dapat menyerap ilmu yang akan di dapat nantinya, hal ini terlihat saat diwawancarai oleh kontributor Web Fakultas.

Menurut Wulandari Eka Pratiwi Mahasiswa FAHUM UIN Rafah Palembang mengatakan “Kegiatan seminar seperti ini sangat penting untuk kami sebagai mahasiswa karena sangat berkaitan dengan Prodi kami, selain itu juga kami memperoleh ilmu-ilmu lainnya dan dapat juga menambah wawasan kami tidak hanya di kampus diluar pun kami dapat menambah ilmu seperti mengikuti kegiatan seminar ini” Ujar Wulan.

Hal yang sama diungkapkan oleh Nurussa’adiyah mahasiswa Prodi SPI FAHUM UIN Rafah Palembang “Walaupun Pada Masa Pandemi Seperti ini sebagai mahasiswa kami tetap mengikuti Acara seminar-seminar baik Online maupun Offline dengan kuota terbatas (Jalur undangan khusus). Acara seminar seperti ini sangat perlu untuk kami menimba ilmu secara Teratur. Selain itu, juga Memotivasi kaum muda supaya tetap bisa mengenal dan melestarikan budaya dan alat-alat tradisional pada zaman dahulu agar tidak hilang dari dunia yang modern ini.” Kata Sa’diah

Suasana Kegiatan Seminar Hasil Kajian Koleksi ini berlangsung sangat khidmat Dan antusiasme peserta terkhusus Mahasiswa yang hadir. (Serly/ARI)

Tags: No tags

Leave a Comment