MABA FAHUM dan Psikologi Ikuti Studium General dan Kuliah Iftitah bersama Pangdam II Sriwijaya

[:id]

Palembang-FAHUM-UINRF,– Fakultas Adab dan Humaniora (FAHUM) dan Fakultas Psikologi UIN Raden Fatah Palembang mengadakan Studium General dan Kuliah Iftitah. Dengan tema Wawasan Kebangsaan dan Ketahanan Nasional : “Mencintai Tanah Air Guna Menjaga Kedaulatan NKRI”. Sebanyak 420 mahasiswa baru ikuti kegiatan yang di gelar di Masjid Daarul Muttaqin UIN Raden Fatah Palembang. Palembang, (Senin, 20/08/18).

Acara ini di buka oleh oleh Rektor UIN Raden Fatah Palembang (Prof. H.M. Sirozi, M.A., Ph.D.), dan dihadir juga oleh wakil rektor II, wakil rektor III, Dekan FAHUN (Nor Huda, M.Ag., M.A.) dan Dekan Psikologi (Prof. Dr. Ris’an Rusli, M.Ag.), para wakil Dekan Dosen dan Pegawai serta undangan lainnya.

Dalam sambutannya Dr. Nor Huda menyampaikan bahwa “kegiatan ini dilaksanakan untuk menumbuhkan kembali rasa cinta trhadap negara pada anak muda khususnya mahasiswa Fakultas Adab dan Humaniora dan mahasiswa Fakultas Psikologi”. Diharapakan Para peserta kuliah iftitah mendapat pengetahuan mengenai rasa cinta tanah air dengan menanamkan nilai-nilai moral dan luhur kepada para pemuda penerus bangsa. Serta mengajak untuk belajar hidup berdemokrasi yang lebih sehat, bertanggung jawab, dan bermanfaat. Hal ini tidak terlepas dari nilai-nilai pancasila serta memahami jati diri selaku anak bangsa, ujar Nor Huda dalam smbutannya.

Prof. Drs. H. M. Sirozi, M.A., Ph.D. dalam sambutannya mengatakan bahwa “hari ini (20/8/18) secara kalender akademik jadwal perkuliahan telah terjadwal sebagai kuliah perdana, sangatlah pas jika hari ini dilaksanakan Stadium General dan Kuliah Iftitah”. Masih dalam sambutannya Prof. Sirozi kembali menyampaikan bahwa Mahasiswa dihimbau bahwa kalian 4.336 (Maba) adalah mahasiswa terpilih berdasarkan tes masuk, jadi kesempatan ini harus benar-benar dimanfatkan serta bisa menyelesaikan target perkuliahan 4 tahun saja (2018-2022) jangan sampai terlambat apalagi Drop Out (DO), ujarnya.

Sirodjudin, M.Hum (Ketua Panpel) mengatakan bahwa kami dari panitia memang mengundang secara khusus Mayjen TNI Irwan, S.I.P., M.Hum. (Pangdam II Sriwijaya) untk hadi sebagai pembicara pada kegiatan Stadium General dan Kuliah Iftitah UIN Rafah Palembang.

Mayjen TNI Irwan, S.I.P., M.Hum. (Pangdam II Sriwijaya) menyampaikan materi Wawasan Kebangsaan dan Ketahanan Nasional dengan Tema “Mencintai Tanah Air Guna Menjaga Kedaulatan NKRI” yang dipaparkannya di masjid Darul Muttaqin UIN Rafah Palembang.

Dalam Paparanya Mayjen TNI Irwan menyampaikan beberapa poin penting yakni: Pertama, Dampak Globalisasi terhadap Kehidupan Bangsa, Kedua, Ancaman Melalui Media, Ketiga, Bhineka Tunggal Ika dan Nasionalime Indonesia, Keempat, Stop Karakter Negati dalam kehidupan Masyarakat Indonesia, Kelima, Sembilan Kunci Meraih Mimpi (terkhusus kepoada Maba sebagai generasi Muda calon pemimpin masa depan.

Diakhir acara Irwan berpesan kepada para peserta kuliah Iftitah untuk menjadi para calon pemimpin harus mmpunyai pengetahuan kebangsaan dan cinta tanah air. Apapun kondisi dan keadaan kita harus tetap belajar dan focus untuk selesai tepat waktu, serta kita harus selalu untuk menghormati ibu kita (LM/ARI/KB).

Galeri foto 

 [:]

Tags: No tags

Comments are closed.