Seminar Nasional dengan tema “Feminisme dalam Islam: Reposisi Perempuan Sebagai Pelopor Kebangkitan

Jumat, 2016-05-20

Fakultas Adab dan Humaniora UIN Raden Fatah Palembang bekerja sama dengan Iran Corner menyelenggarakan Seminar Nasional dengan tema “Feminisme dalam Islam: Reposisi Perempuan Sebagai Pelopor Kebangkitan Umat”. Acara yang digelar pada Selasa, 5 April 2016 ini menghadirkan pembicara tunggal diikuti Dina Y. Sulaeman yang merupakan penulis buku best seller, Mukjizat Abad 20 dan Dr. Cilik Hafal dan Paham Alqur’an.  Saat ini, Dina Y. Suleman juga merupakan mahasiswa program Doktor Hubungan Internasional Universitas Padjadjaran, dan Peneliti di Indonesia Center For Middle East Studies.

 

Kegiatan tersebut dilaksanakan di Aula Fakultas Adab dan Humaniora UIN Raden lantai III, dan dihadiri oleh para dosen dan mahasiswa di lingkungan setempat. Acara tersebut dibuka secara resmi oleh Wakil Dekan I Fakultas Adab dan Humaniora, Dr. Nor Huda Ali, M.A.

 

Salah satu poin penting yang ditawarkan Dina Sulaeman adalah perlunya reposisi perempuan dalam perspektif feminsime Islam. Selama ini, paling tidak, ada dua asumsi tentang gender dalam Islam. Pertama, asumsi bahwa Islam menjadi penyebab tertindasnya perempuan tertolak dari data statistik tentang ketertindasan perempuan dalam masyarakat liberal dan dari catatan sejarah kehidupan Rasulullah dan putrinya. Kedua, masyarakat Muslim yang bersemangat untuk ‘kembali pada ajaran Islam’ justru menjadikan perempuan sebagai objek penindasan atas nama agama.

 

 

 

 

 

Tags: No tags

Leave a Comment