FAHUM UIN Imam Bonjol Kerjasama dengan FAHUM UIN Palembang Kembangkan SDM

158 Views

Fahum UIN Rf- Fakultas Adab dan Humaniora (FAHUM) UIN Imam Bonjol Padang berkerjasama dengan Fakultas Adab dan Humaniora UIN Radeh Fatah Palembang, dalam pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) yang unggul. Penandatangan Memorandum of Agreement (MoA) ini dilakukan usai serah terima jabatan Dekan FAHUM UIN Imam Bonjol dari Yufni Faisol kepada Nelmawarni, Senin (20/09/2021). Sebagai Dekan terpilih FAHUM IB Ibu Nelmawarni, S.Ag, M.Hum., Ph.D menandatangani MoA dengan Dekan FAHUM UIN Raden Fatah Palembang Ibu Dr. Endang Rochmiatun, M.Hum.

“Kerjasama dalam bingkai Tri darma Perguruan Tinggi merupakan suatu kemestian. Apalagi dalam mencapai tujuan pendidikan dalam semangat kampus merdeka,” ujar Ibu Nelmawarni, S.Ag, M.Hum., Ph.D. MoA ini melanjutkan perjanjian kerjasama yang sudah ditandangani pada forum Asosiasi Dosen Ilmu Adab (ADIA) di UIN Radeh Fatah pada 2016 lalu. Kata dia, Kampus Merdeka memiliki tujuan terciptanya SDM yang unggul dengan 9 program (flagship) yang mesti berjalan beriringan, seperti program pertukaran mahasiswa, magang dan studi independen bersertifikat, kampus mengajar, proyek kemanusiaan, kewirausahaan, serta beberapa program lainnya.

“Semuanya diupayakan untuk membangun kultur berjejaring dalam meningkatkan kapasitas dan kekuatan fakultas yang menyelenggarakan prodi sarjana Bahasa dan Sastra Arab, Sejarah Peradaban Islam, Ilmu Perpustakaan dan Informasi Islam serta program D3 Ilmu Perpustakaan,” ujarnya. Ia meyakini, pembelajaran mahasiswa tidak cukup hanya dengan menggunakan sumber daya yang ada di kampus sendiri, tetapi juga dengan memanfaatkan sumber daya yang ada di berbagai kampus yang memiliki keunggulan.

Adapun ruang lingkup kerjasamanya di antaranya, pengembangan kurikulum Sejarah, Sastra Arab, dan Ilmu Perpustakaan. Pertukaran mahasiswa MBKM dan pertukaran dosen atau narasumber kegiatan. Kemudian, penelitian kolaboratif, publikasi ilmiah dan pertukaran reviewer. KKN kolaborasi dan praktek pengalaman lapangan kolaborasi. Kerjasama juga meliputi pengembangan potensi akademik dan non akademik mahasiswa yang berbasis output, pengembangan jejaring kemitraan, pelatihan dan pengembangan SDM, pengadaan seminar regional, nasional dan internasional.

Usai MoA dengan FAHUM UIN Palembang, ia akan melakukan hal yang sama dengan perguruan tinggi dan lembaga profesional yang terkait, dengan pencapaian visi dan misi FAHUM UIN Imam Bonjol Padang.

sumber: sumbar.langgam.id

 

Tags: No tags