Temu Alumni Prodi Ilmu Perpustakaan 2021

 

Program Studi Ilmu Perpustakaan Fakultas Adab dan Humaniora UIN Raden Fatah Palembang menyelenggarakan acara Temu Alumni secara daring, Minggu (4/7/2021). Acara temu alumni ini dihadiri oleh alumni dari beberapa angkatan, yakni angkatan pertama tahun 2015, sampai dengan alumni yang termuda lulusan tahun 2021 dan juga dihadiri oleh para dosen Prodi Ilmu Perpustakaan, Yanto, M.IP., M.Hum selaku Kaprodi; Misroni, M.Hum selaku Sekprodi; Dr. Herlina, M.Hum; Bety, M.Ag; Dr. Mulyadi, M.Hum; Budhi Santoso, M.A; Sely Yoanda, M.P.; Wahfiuddin Rahmad Harahap, M.A.  Rangkaian acara ini diisi dengan kegiatan sharing alumni, ramah tamah, dan sesi dokumentasi.

Dr. Herlina, M.Hum, selaku dosen sangat senang dengan terselenggaranya acara ini, karena dapat bertemu kembali meski hanya bertatap muka secara daring dengan para alumni.

Sharing alumni disampaikan oleh Asna, S.IP yang baru saja lulus tes CPNS 2019 sebagai pustakawan di IAIN Metro. Asna membagikan informasi terkait strategi yang dilakukan dalam memilih instansi yang akan dilamar untuk mengikuti tes CPNS. “Saya sangat bersyukur ilmu yang saya peroleh di bangku kuliah banyak dibutuhkan dalam rangkaian proses wawancara dan praktik kerja selama tes cpns yang saya ikuti, seperti mata kuliah English for Librarian yang diajarkan oleh Pak Misroni, M.Hum, ada juga mata kuliah komunikasi, sehingga sangat membantu saya untuk dapat mengikuti rangkaian tes dengan baik,”ungkapnya.

Budhi Santoso, M.A., Sely Yoanda, M.P., dan Wahfiuddin Rahmad Harahap, M.A. selaku dosen juga memberikan tips dan trik agar lolos tes CPNS, diantaranya melakukan persiapan untuk mengikuti tes dengan belajar sungguh-sungguh, mencari informasi tentang instansi yang akan dilamar, dan mengatur strategi dalam memilih formasi. Dr. Mulyadi, M.Hum juga menambahkan agar dapat lolos tes apapun, hal yang terpenting adalah do’a terutama do’a orang tua. Selain itu, Dr. Herlina, M.Hum yang pernah menjadi penguji saat tes CPNS memberikan motivasi yang dapat meningkatkan semangat para alumni dalam mencari pekerjaan dan mengimplementasikan keilmuannya.

Disisi lain, sharing alumni juga disampaikan oleh Dede Riansyah Putra, S.IP yang bekerja di STIH Sumpah Pemuda dan memperoleh juara harapan 3 pustakawan berprestasi yang diadakan oleh Perpustakaan Daerah Provinsi Sumatera Selatan. Setelah bekerja, saatnya kita mengimplementasikan ilmu yang sudah diperoleh di bangku kuliah, dan dapat mengembangkan potensi diri melalui menulis karya tulis ilmiah,”pungkasnya.

Alumni berprestasi lainnya yaitu Yessika Wulandari, S.IP, bekerja di Madrasah Aliyah Negeri Batam yang memperoleh juara harapan I pustakawan berprestasi terbaik tingkat daerah Provinsi Kepulauan Riau Tahun 2021. Para dosen Prodi Ilmu Perpustakaan mengucapkan selamat atas pencapain prestasi dari para alumni. Semoga para alumni dapat terus meningkatkan kompetensinya selama bekerja dan menjaga nama baik almamater.

Puncak acara ini adalah pemilihan Ketua Ikatan Alumni Program Studi Ilmu Perpustakaan UIN Raden Fatah Palembang yang pertama. Mekanisme pemilihan dilakukan dengan musyawarah menentukan bakal calon ketua alumni dan selanjutnya dilakukan pemungutan suara melalui voting. Ada 4 bakal calon yang terpilih, yakni (1) Dede Riansyah Putra; (2) Ade Irawan; (3) Emy Susanty; (4) Nurjanah Saputri. Setelah dilakukan voting, terpilihlah Dede Riansyah Putra sebagai Ketua Ikatan Alumni Prodi Ilmu Perpustakaan yang pertama.

Ketua Prodi Ilmu Perpustakaan, Yanto, M.Hum., M.IP. mengucapkan selamat kepada Dede yang sudah terpilih sebagai ketua alumni. Semoga dapat menjembatani prodi dengan para alumni yang sudah berkiprah di bidangnya masing-masing dan semoga dengan ini dapat membantu prodi menyukseskan borang akreditasi,”paparnya. (SEY)

Tags: No tags

Leave a Comment