Mahasiswa Prodi Ilmu Perpustakaan UIN Raden Fatah Berbagi dengan Anak Yatim

MAKLUMATNEWS.com, PALEMBANG — Dalam rangka meningkatakan kreativitas anak di masa pendemi Covid 19, Mahasiswa Ilmu Perpustakaan, Fakuktas Adab dan Humaniora UIN Raden Fatah Palembang, mengadakan Pengabdian Masyarakat di Panti Asuhan Restu Bunda. Kegiatan itu berlangsung, Sabtu, (16/1/21), di Panti Asuhan Restu Bunda, di Jalan Sapta Marga, No 147 Palembang. Kedatangan mahasiswa disambut langsung Ketua Panti Asuhan Restu Bunda, Darmawati beserta seluruh anak yatim penghuni panti. Dalam sambutannya, Darmawati menguraikan tentang sejarah singkat Panti Asuhan Restu Bunda. Menurut Darmawati, panti ini didirikan pada 9 April 2009, dengan jumlah anak yatim penghuni sebanyak 20 orang.

Saat ini anak asuh di panti asuhan Restu Bunda sudah berjumlah 30 anak, dimana 10 anak diasuh di luar panti asuhan, dan 20 lagi tinggal di panti tersebut. Anak –anak penghuni panti menurutnya, berasal dari daerah di Sumsel seperti Muaraenim, Lubuklinggau dan Lahat Kikim yang merupakan anak yatim dan keluarga kurang mampu. Ia mengaku jika Panti Asuhan Restu Bunda sudah terdaftar di Dinas Sosial Kota Palembang, Badan Koordinasi dan Kegiatan Kesejahteraan Sosial, Departemen Agama serta saat ini telah terakreditasi B.

Sementara itu, dalam kunjungannya mahasiswa Fakultas Adab dan Humaniora menggelar kegiatan dengan tema “Membangun Kepercayaan Diri Anak Dalam Mengembangkan Kreativitas”. Kegiatan diikuti oleh 24 mahasiswa Frodi Ilmu Perpustakaan angkatan 2017. Acara pengabdian kepada masyarakat ini diawali dengan pembukaan, Selanjutnya mahasiswa dan para penghuni panti berbagi informasi tentang beasiswa dan bercerita pengalaman, membaca buku bersama. Tidak hanya itu, mahasiswa juga mengadakan lomba mewarnai dan pembagian hadiah dan doorprize bagi anak-anak yang berani membacakan beberapa surah pendek dan do’a sehari-hari. Acara ditutup dengan makan siang bersama dan pemberian sembako kepada panti asuhan Restu Bunda.

Acara ini berlangsung dengan lancar meskipun ada beberapa kendala yaitu terkait kondisi tempat yang terbatas namun hal itu tidak mengurangi semangat untuk berbagi. Dengan adanya kegiatan ini diharapkan anak-anak panti asuhan Restu Bunda semakin semangat belajar dan bisa termotivasi untuk melanjutkan kejenjang pendidikan yang lebihtinggi.

Sementara itu, Sekretaris Prodi Ilmu Perpustakaan, Fakultas Adab dan Humaniora Misroni, menyambut baik kegiatan yang dilakukan mahasiswa ini. Menurutnya, acara ini murni inisiasi mahasiswa dalam rangka mewujudkan tri darma perguruan tinggi khususnya bidang pengabdian masyarakat. “ Alhamdulilah, kita menyambut baik kegiatan ini. Ini sangat baik, apalagi dilakukan di panti asuhan. Setidaknya, mahasiswa mampu untuk berbagi dengan sesama,” ujar Misroni. ( rillis)

sumber: https://maklumatnews.com/mahasiswa-prodi-ilmu-perpustakaan-uin-raden-fatah-berbagi-dengan-anak-yatim/

Tags: No tags

Leave a Comment