Fakultas ADAB
Fakultas Adab dan Humaniora mengucapkan Selamat dan Sukses Yudisium ke VI FAHUM dan Wisuda ke 61 UINFakultas Adab dan Humaniora Mengedepankan Budaya Kerja yang Beradab, Berintegritas, dan Humanis.Berfikir merupakan cermin untuk melihat apa-apa yang baik dan yang buruk pada dirimu. (Fudhail)
Bahasa dan Sastra Arab
Diposting tanggal: 12 September 2014

Ketua Jurusan BSA          : Imam Warmansyah, M.A

Sekretaris Jurusan BSA  : Maryuzi, S.Ag.

 

 

PROGRAM STUDI

 

BAHASA DAN SASTRA ARAB

 

 

 

Program studi Bahasa dan Satra Arab memiliki tujuan untuk membentuk Sarjana Muslim yang beriman, bertaqwa dan berakhlak mulia serta ahli secara akademik dan profesional di bidang dan sastra dan bahasa Arab. Secara profesional, alumni Jurusan Bahasa dan Sastra Arab yang diharapkan memiliki kompetensi akademik yaitu: ahli sastra yang terdiri atas: Kritikus Sastra, Sejarawan Sastra, Teoritikus Sastra, dan ahli Filologi; dan ahli Bahasa Arab, pemandu wisata, pemandu jamaah haji, dan lain-lain yang berkaitan dengan bahasa Arab.

 

 

 

 

 

VISI

 

Menjadi pusat unggulan kajian ilmu-ilmu Adab dan Humaniora di bidang Bahasa dan Sastra Arab yang bertaraf internasional, berwawasan nasional dan berkarakter islami

 

 

 

MISI

 

  1. Menyelenggarakan tridarma perguruan tinggi dalam bidang Bahasa dan Sastra Arab
  2. Memadukan antara perkembangan keilmuan Bahasa dan Satra Arab, ajaran syariat Islam, nilai-nilai Perguruan Tinggi dan kebutuhan masyarakat serta mentransformasikannya dalam berbagai kegiatan akademik dan profesional yang integral dan terbuka.
  3. Mengaktifkan tradisi keilmuan yang masif dan produktif di lingkungan Program Studi serta kontributif bagi berbagai agenda pemerintah daerah dan nasional di bidang Bahasa dan Sastra Arab.
  4. Mendinamisasi dan mengunggulkan publikasi karya ilmiah berbasis penelitian dalam bidang Bahasa dan Sastra Arab di kalangan mahasiswa dan dosen.
  5. Mendorong pengembangan kapasitas SDM yang memiliki kemampuan enterpreneuship  dan mampu memanfaatkan information and communication technology (ICT) serta peningkatan mutu dan kompetensi melalui berbagai pelatihan daan progra pendidikan lanjutan.
  6. Mengintensifkan jejaring kerjasama guna mmelengkapi mahasiswa dengan skill kebahasaan, penegtahua serta pengalaman bahasa Arab dan memfasilitasi para alumni dalam keterserapannya di berbagai lapangan pekerjaan.
  7. Menghasilkan sarjana yang unggul dan menintegrasikan antara khazanah keilmuan klasik dan pemikiran kontemporer baik  dari timur maupun berat khususnya dalam bidang kajian kebahasaan dan kesusastraan Arab.