Kado “Prestasi” Akhir Tahun 2020 dipersembahkan oleh 2 Mahasiswa BSA UIN Raden Fatah Palembang

Yuli Santiani, Mahasiswa Bahasa dan Sastra Arab UIN Raden Fatah, Menyabet Juara ke 2 Lomba Baca Berita Arab Tingkat Nasional dengan raihan nilai 87,25 pada event Arabic World Festival 2020 di Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta. Mengikuti jejak rekannya Vinna Fitharotun Khasanah berhasil , meraih juara harapan 1 pada lomba Ghina Arabic (Menyanyi Lagu Arab) pada festival dunia Arab tahun 2020. (24/12)

Bertempat di Yogyakarta, pada tanggal 24 Desember 2020 beberapa hari yang lalu di media sosial #Arabic World Festival, #3 Universitas Ahmad Dahlan 2020. panitia pelaksana mengumumkan hasil dari penjurian rangkaian lomba yang dilaksanakan sejak tanggal 12 Desember hingga 21 Desember lalu. Adapun lomba yang diselenggarakan, diantaranya lomba baca berita Arab, lomba menyanyi lagu Arab, lomba pidato bahasa Arab untuk Mahasiswa, dan tiktok challenge untuk anak SMA sederajat.
Dalam perlombaan yang diadakan AWFEST-UAD #3 2020 ini, banyak diikuti oleh mahasiswa dari berbagai universitas di Indonesia, diantaranya : UIN Raden Fatah Palembang, UIN Malang, UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, IAIN Surakarta, UIN Walisongo Semarang, IAIN Kediri, UIN Sultan Syarif Kasim Riau, dan tuan rumah sendiri Universitas Ahmad Dahlan. Tak hanya itu, mahasiswa dari negeri Jiran pun, Universiti Malaya Malaysia turut mengirimkan 2 mahasiswanya.


Pengumuman pemenang yang diputar dalam video di akun Instagram @afwestuad, Yuli Santiani mahasiswa Bahasa dan Sastra Arab Fakultas Adab dan Humaniora UIN Raden Fatah Palembang, berhasil menyingkirkan 14 peserta di bawahnya dan menduduki Juara ke-2 dalam Lomba Baca Berita berbahasa Arab. Sedangkan peringkat pertama diduduki oleh Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Al-Mujadid Universitas Muhammadiyah Yogyakarta ; Maulidya Putri Aji, dan di posisi ketiga diraih oleh Mahasiswa dari negeri Jiran, Nurhanis binti Mat Yunus.
Dalam video yang berdurasi 5 menit 46 detik, Yuli mengeksplor 2 berita Indonesia yang ia terjemahkan ke dalam bahasa Arab. Yang pertama berita mengenai berkebun daun Keladi yang dapat menjadi alternatif kegiatan di masa pandemi, dan yang kedua mengenai viralnya tanaman Janda Bolong. Dalam video tersebut, Yuli terlihat sangat piawai dalam membawakan berita yang disajikannya, vokal dan intonasi dalam setiap penggal kata dapat terdengar dengan jelas dan fasih. Meski tersingkir oleh mahasiswa UMY yang memiliki poin terbesar dari hasil editing video dan latar yang persis menyerupai studio berita. Namun, Yuli mampu menyajikan tayangan yang luarbiasa dan penuh percaya diri.
Tak hanya itu, Vinna Fitharotun Khasannah, dari Prodi Bahasa dan Sastra Arab UIN Raden Fatah pun turut menorehkan prestasinya sebagai Juara Harapan 1 pada Lomba Menyanyi Lagu Bahasa Arab.
(Kontributor Berita: Novhita.S.Malihah / Kemas Ari)

 

Tags: No tags

Comments are closed.