20190624160419yudisium-xv-adab-pembukaan

Fakultas Adab dan Humaniora Gelar Yudisium ke XV

89 Views

Palembang – 36 Mahasiswa Fakultas Adab dan Humaniora Universitas Islam Negeri Raden Fatah (FAHUM-UINRF) Palembang, pada hari ini resmi dikukuhkan menyandang Gelar Sarjana (S1) dan Magister (S2) pada acara Yudisium ke-15, di Grand Atyasa. Senin (24/6/2019).

HUMAS-UINRF.  Sebanyak 36 Mahasiswa Fakultas Adab dan Humaniora Universitas Islam Negeri Raden Fatah (FAHUM-UINRF) Palembang, pada hari ini resmi dikukuhkan menyandang Gelar Sarjana (S1) dan Magister (S2) pada acara Yudisium ke-15, di Grand Atyasa. Senin (24/6/2019).

Hadir dalam Kegiatan Ini Wakil Rektor I, Dr. Ismail Sukardi, M.Ag., Kepala Biro AUPK, Andi M. Darlis, M.Pd.I, Dekan Psikologi Dr. Ris’an Rusli, M.Ag., dan tamu undangan lainnya serta para orangtua/wali mahasiswa pendamping peserta Yudisium.

Kegiatan dibuka oleh Dekan FAHUM UINRF, Dr. Norhuda, M.Ag. dilanjutkan dengan Pembacaan SK Penetapan Peserta Yudisium (Pelantikan) dan SK Penetapan Sarjana Berprestasi, serta dilanjutkan dengan Sambutan-sambutan.

Hari Mianda (Prodi Ilmu Perpustakaan) mewakili Para Yudisium XV, menyampaikan terima kasih kepada seluruh Dosen dan Pegawai yang telah memberikan Ilmu dan Layanan Pendidikan di Fakultas, dan bahwa “kelulusan ini sebagai langkah awal untuk memasuki tahap selanjutnya” dalam Kehidupan di masyarakat. Hal senada disampaikan oleh Drs. M. Zuhdi, M.HI. yang mewakili wali/orangtua mengatakan bahwa “Acara Yudisium adalah suatu kebahagian bagi kami selaku orangtua/wali mahasiswa”, atas nama mereka saya mengucapkan terima kasih.  Masih dalam sambutannya menyampaikan “mohon keikhlasan bapak dan ibu Dosen, semoga ilmu yang telah diberikan dapat bermanfaat dalam kehidupan di masyarakat, keluarga, dan bernegara”. Karena setelah selesai kuliah disinin, masih ada satu fakultas lagi yg akan ditempuh oleh para alumni yaitu pengabdian di “Fakultas Kemasyarakatan” mengingat mereka telah menyandang gelar sarjana dengan latar belakang sebagai alumni UIN Raden Fatah Palembang, maka masyatakat akan meminta penerapan keilmuan dan keislaman para alumni sebagai bagian dari masyarakat. Ujar M.Zudi yang pernah menjadi Wadek 3 FAHUM.

Sambutan Selanjutnya disampaikan oleh Dekan FAHUM UINRF, Dr. Nor Huda, M.Ag. yang mengharapkan 36 sarjana baru ini dapat mewujudkan apa yang dituliskan dalam tema yudisium ke-15 ini yakni “Mewujudkan sarjana Humaniora yang Kreatif, Inovatif, dan Profesional dalam Membangun Bangsa”harapnya. Alumni harus dapat Bersikap profesional sesuai keilmuan yang dimiliki, terutama  dalam penerapannya di “Fakultas Kemasyarakatan” seperti yang telah disampaikan oleh orangtua/wali dalam sambutan sebelumnya.

Dr. Ismail Sukardi, M.Ag., (Wakil Rektor I) yang mewakili Rektor UINRF Palembang mengucapkan selamat dan sukses bagi para sarjana baru yang baru dikukuhkan namnya dengan  gelar akademik masing seperti Sarjana Sosial (S.Sos.) untuk Prodi Politik Islam, Sarjana Humaniora (S.Hum.) untuk Prodi Sejarah Peradaban Islam dan Prodi Bahasa dan Sastra Arab, serta Sarjana Ilmu Perpustakaan (S.IP.) untuk prodi Ilmu Perpustakaan, dan Magister Humaniora (M.Hum) untuk Program Pascasarjana.

Dengan telah dilantik pada Yudisium ke-15 ini, para alumni nail stau tingkat dalam strata sosial di masyarakat. Tentu harapannya “para alumni dapat menjadi sarjana yang profesional. Dengan kata lain dapat memberikan kontribusi nyata”, ujar Warek 1. Masih menurut Ismail Sukardi Para Alumni harus memiliki nialai tambah dengan kemampuan “life skill dan soft skill” yang dimilikinya.

Berdasarkan SK Nomor 1462/Un.09/IV.1/06/2019 tanggal 24 Juni 2019, tetang Penetapan Peserta Yudisium ke-15, Sarjana (S1) dan Program Magister (S2) menetapkan bahwa peserta Yudisium terdiri dari 2 orang magister dari Prodi SPI, dan 3 orang sarjana dari Prodi BSA, 1 orang dari Prodi SPI, 27 orang dari prodi Ilmu Perpustakaan, serta 1 orang prodi Politik Islam, total peserta yudisium 34 orang.  Serta pengukuhan Sarjana terbaik yang ditetapkan berdasarkan SK Nomor 1463/Un.09/IV.1/06/2019 tanggal 24 Juni 2019, tetang Penetapan Sarjana/Magister Berprestasi Tingkat Program Studi dan Tingkat Fakultas.

Peraih Mahasiswa Berprestasi Tingkat Program Studi di Fakultas Adab dan Humaniora UIN Raden Fatah Palembang, diraih oleh: Muhammad Tamlikha (NIM 1564400068) prodi ilmu perpustakaan dengan judul Skripsi Analisis Bradford Terhadap Sitiran Artikel Pendidikan Islam dalam Jurnal Conciencia Program Pascasarjanan UIN Raden Fatah Palembang 2014-2018. dan Mahasiswa Berprestasi Tingkat Fakultasdiraih oleh: Ruslan Gunawan (NIM 1534100040) Prodi Bahasa dan Sastra Arab dengan judul skripsi: As-sajak Lagu Maher Zain (Analisis Balaghoh). (ARI)

 

Tags: No tags