Prodi Ilmu Perpustakaan Mengadakan Pengabdian Kepada Masyarakat Bimtek Otomasi Perpustakaan SLIMS

[:id]

Fahum UIN RF– Dosen Program Studi Ilmu Perpustakaan Fakultas Adab dan Humaniora mengadakan kegiatan Bimbingan Teknis Otomasi Perpustakaan Berbasis SLIMS, sebagai bentuk pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi, Di SMAN 3 unggulan Kayuagung, Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI), Jum’at(10/8).

Wakil Dekan 2 Fakultas Adab dan Humaniora UIN Raden Fatah Palembang  Bety, M.Ag menjelaskan maksud dan tujuan kegiatan pengabdian masyarakat ini adalah sebagai bentuk implementasi dari Tri Dharma Perguruan Tinggi. “Pada tahun ini Prodi Ilmu Perpustakaan melakukan bimtek bagi pengelola perpustakaan bagi 8 SMA/ SMK di Kabupaten OKI,” .

“SMAN 1 Kayuagung, SMAN 2 Kayuagung, SMAN 3 Unggulan Kayuagung, SMAN 4 Kayuagung, SMKN 1 Kayuagung, SMKN 2 Kayuagung, SMKN 3 Kayuagung dan SMKN 1 Lempuing Jaya OKI.Yang setiap sekolah mengutus 2 orang peserta sebagai pengelola perpustakaan,”lanjut Bety.

Selain itu, Kaprodi Ilmu Perpustakaan Yanto, juga mengatakan bahwa kegiatan pengabdian ini adalah sebagai bentuk emplementasi, di mana para dosen bisa terjun langsung di Perpustakaan SMA dengan harapan para dosen Prodi Ilmu Perpustakaan tersebut dapat langsung merasakan hal-hal yang penting yang perlu dikembangkan dalam proses perkuliahan agar sesuai dengan kebutuhan di masyarakat khususnya di dunia perpustakaan.

“kegiatan ini juga akan ditindaklanjuti nantinya, dengan mengirim mahasiswa PKL ke perpustakaan-perpustakaan sebagai peserta tersebut,”ucapnya.

Yanto menambahkan bahwa, kegiatan ini dapat langsung diimplementasikan, di perpustakaan-perpustakaan sekolah masing-masing dan berharap peran serta pihak sekolah untuk mendukung program tersebut.

“tentu kepala sekolah harus mendukung program-program perpustakaan, khususnya pengelolaan perpustakaan harus menerapkan otomasi sebagai sebuah keharusan saat ini,”ujarnya.

Bimtek otomasi perpustakaan berbasis slims lanjut Yanto menambahkan, diisi oleh Budhi Santoso, M.A, Yanto, M.Hum., M.IP, Misroni, M.Hum, dan Dalilan, M.Hum yang merupakan Dosen Program Studi Ilmu Perpustakaan Fakultas Adab dan Humaniora UIN Raden Fatah Palembang.

Sementara itu Ketua Komunitas SLIMS Sumatera Selatan, Budhi Santoso berharap dengan adanya pengabdian kepada masyarakat ini pustakawan sekolah dapat mengetahui tentang program otomasi perpustakaan SLIMS, sehingga dapat diterapkan di Perpustakaan Sekolah mereka masing-masing sebagai sarana simpan dan temu kembali informasi,”tukasnya.

Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten, OKI Drs. Iskandar ZA, M.Si dalam sambutannya, mengatakan bahwa kegiatan tersebut sebagai bentuk kepedulian dan perhatian beliau, tentang pengelolaan perpustakaan khususnya perpustakaan SMA, agar dikelola dengan menerapkan teknologi informasi, mendekatkan informasi kepada masyarakat pembaca (pemustaka).

Galeri Foto

[:]
Tags: No tags

Comments are closed.