Dosen FAHUM UIN RAFAH Terlibat Aktif di Seminar Kesejarahan

[:id]
Palembang, Civitas Akademika FAHUM UIN Rafah pro aktif pada Seminar Kesejarahan bertemakan “Sriwijaya dan Poros Maritim Dunia” diselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan tanggal 6 – 9 Agustus 2018 bertempat di Hotel Aryaduta dan Amarid Palembang berlangsung sukses dan lancar, Rabu (8/8/18).

HUMAS-UINRF,– Pelaksanaan Seminar Kesejarahan dengan tema “Sriwijaya dan Poros Maritim Dunia” diselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan tanggal 6 – 9 Agustus 2018 bertempat di Hotel Aryaduta Palembang berlangsung sukses dan lancar, Rabu (8/8/18).
Dalam kesempatan Kali ini Fakultas Adab dan Humaniora (FAHUM) Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Fatah Palembang ikut berperan aktif dengan menjadi Nara Sumber (Pemakala) dan peserta aktif. Berikut ini adalah daftar nama pemakalah dalam seminar tersebut adalah Amilda Sani (Dosen SPI FAHUM) mempresentasikan makalah dengan judul “Dari Laut Menjadi Orang Daratan” dan Ahmad Berkah (Mahasiswa SPI (S2) FAHUM) mempresentasikan makalahnya dengan judul “Kebijakan-kebijakan Pelayaran bagi Perdagangan Muslim di Wilayah Kekuasaan Sriwijaya Abad VII-IX Masehi, serta Kemas A.Rachman Panji yang dipercaya menjadi moderator dalam kegiatan Sosialisasi Penenlitian Terbaru Sriwijaya kepada Guru-guru Sejarah dan Siswa SMA sederajat.
Tampak Hadir juga menjadi peserta aktif dalam kegiatan Seminar Kesejarahan tersebut yakni, Dr. Nor Huda, M.Ag., M.A., Dr. Endang Rochmiatun, M.Hum., Dr. Herlina,  dan 5 Mahasiswa Utusan SPI – FAHUM UIN Raden Fatah Palembang. Amilda Sani (Dosen SPI FAHUM) mempresentasikan makalah pada tanggal 8 Agustus 2018. Dalam makalahnya, beliau memaparkan tentang Indonesia sebagai negara Maritim, memiliki peran penting dalam perjalanan sejarahnya. Hal tersebut ditandai dengan hadirnya kerajaan maritim yang besar di wilayah Asia, yaitu kerajaan Sriwijaya dan Kesultanan Malaka.
Ahmad Berkah, yang baru saja menyelesaikan studinya di Prodi SPI (S2) FAHUM) mempresentasikan makalah yang ambil dari hasil Tesisnya. Makalah yang diasjikan dengan judul “Kebijakan-kebijakan Pelayaran bagi Perdagangan Muslim di Wilayah Kekuasaan Sriwijaya Abad VII-IX Masehi, di tempat yang sama yaitu Hotel Aryaduta. sementara itu Kemas A.Rachman Panji yang dipercaya menjadi moderator dalam kegiatan Sosialisasi Penelitian Terbaru Sriwijaya kepada Guru-guru Sejarah dan Siswa SMA sederajat, AKn melaksanakan tugasnya di tempat yang berbeda di Hotel Amaris, Kamis (9/8/2018).
Rangkaian kegiatan Seminar Kesejarahan ini terjadwal sejak tanggal 6-9 Agustus 2018 di Kota Palembang, yang banyak dihadiri oleh akademisi dan praktisi sejarah. Tujuan yang ingin dicapai dapat memberikan gambaran tentang perubahan struktur sosial, ekonomi, dan politik di luar orang laut di Wilayah Kerajaan Sriwijaya (KB/ARI).
Galeri Foto :
[:]
Tags: No tags

Comments are closed.