Penyampaian Orasi Ilmiah oleh Dr.Yazwardi, M.Ag. pada Acara Yudisium ke VI FAHUM
Fakultas Adab dan Humaniora mengucapkan Selamat dan Sukses Yudisium ke VI FAHUM dan Wisuda ke 61 UINFakultas Adab dan Humaniora Mengedepankan Budaya Kerja yang Beradab, Berintegritas, dan Humanis.Berfikir merupakan cermin untuk melihat apa-apa yang baik dan yang buruk pada dirimu. (Fudhail)
Penyampaian Orasi Ilmiah oleh Dr.Yazwardi, M.Ag. pada Acara Yudisium ke VI FAHUM
Senin, 14 November 2016 - 09:32:10 WIB | Diposting oleh : Admin | Kategori: Editorial - Dibaca: 539 kali


Yudisium alumni Fakultas Adab dan Humaniora UIN Raden Fatah Palembang pada 10 Nopember 2016, selain sebagai seremonial pengukuhan alumni yang telah menyelesaikan studinya, juga merupakan perhelatan akademik yang menampilkan orasi ilmiah dari kalangan dosen dan akademisi lainnya. Pada acara tersebut, Dr. Yazwardi, M.Ag. menyampaikan orasi ilmiah dengan judul: “Implementasi Peraturan Daerah Yang Mengandung Materi Muatan Ajaran Islam Sebagai Politik Hukum Nasional Indonesia Yang Merajut Keragaman Dan Menjaga Persatuan NKRI”. Menurut Doktor lulusan Fakultas Hukum Universitas Sriwijaya ini, Peraturan Daerah (Perda) merupakan instrumen hukum yang muncul secara tegas dalam sistem hirarki aturan hukum di Indonesia pasca reformasi 1998 yaitu pada TAP MPR No. III/ 2000 dan UU No. 12 Tahun 2011 tentang Pembentukan Peraturan Perundang-Undangan (UUP3). Kedudukannya menjadi lebih strategis karena fungsinya sebagai instrumen hukum dalam menjalankan fungsi-fungsi pemerintahan daerah, yaitu sebagai fungsi penyelenggaraan otonomi daerah, fungsi tugas pembantuan (dekonsentrasi/medebewind), fungsi penjelas undang-undang yang lebih tinggi, dan fungsi menampung materi muatan lokal. Namun, eksistensinya kerap mengundang perdebatan politis dan akademis. Untuk itu, harus disusun strategi politik hukum nasional tentang Perda agar dapat merajut keragaman budaya dan menjaga persatuan NKRI dan pada muaranya dapat mencapai harmoni sosial dan meneguhkan integrasi bangsa.

Fakultas Adab dan Humaniora UIN Raden Fatah dengan Program Studi Bahasa dan Sastra Arab (BSA), Sejarah dan Kebudayaan Islam (SKI), Politik Islam (PI), dan Ilmu Perpustakaan (IP) memiliki visi sebagai Center for Excellence kajian ilmu-ilmu Adab dan Humaniora, berpeluang besar mengambil peran keilmuan dengan melakukan penelitian-penelitian kebudayaan (etnografi) untuk mewujudkan harmoni sosial dalam bingkai keanekaragaman budaya (multikulturalisme) tersebut. Dekan Fakultas Adab dan Humaniora UIN Raden Fatah, Dr. Nor Huda Ali, M.Ag.,M.A. mengharapkan kegiatan orasi ilmiah menjadi bagian dari tradisi akademik di lingkungan Fakultas Adab dan Humaniora. Dalam sambutannya, dekan juga mengarahkan para alumni harus mampu berdedikasi sebagai seorang sarjana di tengah-tengah masyarakat. Rektor UIN Raden Fatah yang dihadiri oleh Wakil Rektor I Dr. Ismail Sukardi, M.Ag  juga menyampaikan pengarahan bahwa untuk sukses di dunia kerja, para alumni harus juga memiliki Soft Skill. (Admin)

 



Berita Lainnya


Komentar



Isi Komentar
Nama
Website
Ex : www.belajarkonseling.com (tanpa http://)
Komentar
 
 (Masukkan 6 kode diatas)

 
Berita Terbaru
Foto Terbaru
Agenda
Downloads